depok, Home, i think, Tips tips

memilih lokasi untuk membeli properti

akhir akhir ini di tv sering sekali ada iklan dari developer tentang properti, yang terkenal tentunya dari raksasa properti di Indonesia, sebut saja dia agung sedayu group. satu hal penting yang selalu di dengungkan pembawa acaranya yang kalau ngomong sambil melotot lotot dengan intonasi seperti tukang baca cerita horor adalah :
yang terpenting dari suatu investasi adalah LOKASI, dan dengan akses jalan outer ring road dan fasilitas sekolah internasional, maka investasi anda akan terus berkembang, ayo hubungi segera marketing kami, harga naik 15 agustus 2011 (yang mana adalah keesokan harinya hahahha)
udah khatam banget gw ngapalinnya,tapi bagaimanapun yang dia katakan adalah benar.
yang terpenting saat kita mau membeli properti adalah lokasi.
misalnya, jika kita mau membeli tanah di kalimantan, belilah yang sekiranya punya kandungan batubara didalamnya, atau kira kira akan dilewati oleh jalan tambang, niscaya kita akan jauh lebih cepat kaya raya.
tapi selain lokasi yang juga penting adalah tujuan kita membeli properti tersebut. apakah untuk tempat tinggal? untuk usaha? untuk berdagang? untuk investasi? atau untuk menyembunyikan istri muda.
berikut adalah tips mencari lokasi properti dikaitkan dengan tujuan pembelian.
1. mencari properti untuk tempat tinggal
karena sekarang saya lagi nebeng jadi orang jakarta, maka saya berikan tips mencari properti tempat tinggal di jakarta dan sekitarnya.
jika uang anda BANYAK maka mudah bagi anda mencari rumah di jakarta. daerah ideal menurut saya adalah Jakarta selatan, seperti daerah cilandak, ragunan, pondok labu, pondok cabe dan pondok indah mihihihi. kisaran harga properti di daerah ini adalah sekitar 300-750 jutaan untuk rumah baru sistem cluster. daerah jakarta selatan termasuk daerah yang lumayan adem dibanding daerah lain di jakarta, daerah ini juga cukup tinggi sehingga tidak rawan banjir (kecuali mungkin banjir 5 tahunan atau saat situ gintung bobol) tapi tentunya jauh lebih aman dibanding daerah lain di jakarta, daerah ini juga relatif lebih aman dan tidak rawan kejahatan. harga rumah yang lebih murah dapat didapat jika kita membeli di daerah berkembang sekitar jakarta – bekasi, depok, tangerang dan bogor. rata rata perumahan di daerah tersebut berharga 150-300 jutaan, tentunya daerah tersebut punya kelebihan dan kekurangan masing masing, misal :
Bekasi : daerah bekasi termasuk daerah yang sangat rawan banjir, terutama bekasi timur. kelebihannya daerah bekasi sangat mudah diakses dengan tol jika kita memiliki mobil pribadi, dan juga banyak tersedia omprengan gelap berbentuk mobil carry sampai mobil xenia untuk menuju kesana. jadi kalau kantor kita di daerah kuningan atau sudirman dan kita pulang jam 4 sore, sebelum jam 5 kita sudah duduk manis di depan tv. kekurangannnya: selain banjir, disana juga banyak dilewati kendaraan besar dan polusi yang lumayan, belum lagi kalau kita ga bisa pulang tenggo, bottle neck di pintu tol juga tentunya lumayan bikin stress.
Bogor : kelebihan, insyaallah ga banjir, kalau bogor banjir alhamdulillah banget pasti jakarta kelelep, kelebihan lainnya, sejuk, asri, dingin. kekurangan, JAUH. ke bogor bisa ditempuh lewat tol kalau kita bawa mobil pribadi, kalau pake motor? bisa….lumayan lah kalau kecepatan 80 km/jam nyampe 2 jam lah ke rumah, tapi kulit bisa tipis keseringan dikerok. paling asyik pake kereta tapi ini juga bikin kita terikat jadwal dan mungkin kurang nyaman kalau naeknya yang ekonomi.
Tangerang : daerah favorit para calon eksekutif muda membeli rumah terutama di daerah BSD, sistemnya seperti kota mandiri, all in one, dengan fasilitas yang sangat lengkap dari sekolah sampai tempat liburan. harga rumahnya lumayan 250-500 jutaan. kalau saran saya sih, unless kita punya mobil sendiri, kayanya jangan dulu lah di BSD, sama kaya ke bogor, JAUH, ke bogor masih mending naek kereta ga pake macet, lah ini mau pake bus? insyaallah butuh 2.5 jam nyampe rumah.
Depok : tepatnya asri, banyak pohon, termasuk propinsi jawabarat, daerah berkembang, dengan harga properti yang masuk akal, sekitar 150-300 jutaan pokonya yahud deh. kenapa saya promosiin depok? karena saya beli rumah di depok muahahahha. kekurangannnya adalah, bikin ngelus dada kalau kita dari jakarta mau ke depok, jauh dan maceeeettttttttt, ga ada jalur alternatif seperti penggunaan busway yang bebas macet dan ga ada tol. yang paling feasible adalah pake kereta, ini paling ideal, dengan waktu tempuh setengah jam saja kita sudah bisa sampai, bebas macet, bebas kekhawatiran, ini juga kalau kantor kita deket stasiun, kalau ngga, repvoottt.
pokonya yang paling penting nyari rumah untuk tempat tinggal di jakarta dan sekitarnya adalah : bebas banjir, banyak alternatif jalan dan kendaraan umum, aman, nyaman di kantong, nyaman di hati.
2. membeli properti untuk usaha atau berdagang?
cari daerah ramai, dekat sekolah, dekat kampus,dekat kantor, atau dekat daerah yang berpotensi berkembang (misal dekat perumahan baru)
3. membeli properti untuk investasi
LOKASI
4. membeli properti untuk istri simpanan
sebaiknya anda mengurungkan niat anda anak muda.

kira kiraaaa begitu tips yang bisa saya sampaikan mudahmudahan bermanpaat😀
chuuuu

Standard

2 thoughts on “memilih lokasi untuk membeli properti

    • fita fita says:

      atuhhhh meuni pas, pada tips sebelumnya kan saya kasih cara lamar ke perusahaan batubara, mudah mudahan uki nyoba, lulus, pindah ke tempat aa, beli tanah disana, dan ternyata ada batubaranya….Aminnnnn :))
      jangan khawatir ki, lo ama si kuini yang lucu itu sudah meminum air kalimantan, jadi bisa di PASTIKAN akan kembali kesana mihihihihii

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s