Uncategorized

tempat duduk prioritas di KRL commuter line Jabodetabek

kalau tidak salah, sejak setahun lalu, disediakan 2 gerbong khusus perempuan untuk semua KRL commuter line jabodetabek. dan untuk semua gerbong dalam satu rangkaian (biasanya 8 gerbong) terdapat tempet duduk prioritas yang seharusnya digunakan oleh para ibu hamil, manula, penyandang cacat dan ibu yang membawa anak balita.
jika kita membayangkan suatu keadaan dimana saat ada wanita masuk (tidak perlu sedang hamil) lalu ada laki laki yang masih muda, sehat dan bugar memberikan tempat duduknya pada si wanita, saya kasih tau, hal itu mustahil. banyak kejadian walaupun si ibu yang berdiri sedang hamil 8 bulan dan menggendong anak berumur 5 tahun, dan si ibu tampak kepayahan, tetap tidak ada yang rela memberikan tempat duduknya pada si wanita.
baiklah hal itu mungkin bisa dimengerti jika kita naik kereta api ekonomi yang 99% penumpangnya bahkan tidak membeli karcis dengan tingkat pendidikan dan kehidupan yang cukup rendah. tapi ini untuk para pekerja kantoran yang seharusnya lebih sadar posisinya untuk memberikan hak pada yang membutuhkan, juga tidak mau memberikan kursinya, berarti ada yang salah dalam tatanan kehidupan masyarakat kita.
beberapanya mungkin akan menyuruh si ibu hamil 8 bulan yang menggendong anak 5 tahun itu untuk cari tempat duduk prioritas dan pergi ke gerbong wanita dengan mengecilkan faktor gerbong wanita kejauhan dan dia udah cukup kerepotan.
sebutlah laki laki se-kereta isinya banci semua makanya ga ada yang mau kasih tempat duduk ke ibu tadi. ini ibu ibu dan cewe cewe muda yang harusnya melihat si ibu sebagai dirinya sendiri di masa depan atau masa lalu, juga tidak ada yang mau merelakan tempat duduk mereka. beberapanya tak peduli, sisanya pura pura tidak tau.
waktu itu saya pernah menegur wanita berumur 25 tahunan yang duduk sedang didepannya ada ibu ibu sedang hamil 8 bulan, saya bilang, maaf mba, ibu ini sedang hamil, dan si mba bilang, ohh ya udah minta ke yang duduk sebelah sana aja tuh, saya kan udah duluan duduk, ironisnya dia sedang membaca buku dengan judul “memperbanyak ibadah sunah bulan ramadhan”. astagfirulloh.
saya lumayan sering menegur laki laki yang duduk di tempat prioritas dan membiarkan wanita hamil didepannya berdiri sementara dia baca koran, denger mp3 atau pura pura tidur. bisanya si ibu hamil berterimakasih sedang si laki laki melihat saya penuh kebencian.
yang saya aneh, jelas jelas laki laki itu yang melanggar “peraturan” kenapa dia yang marah??
sudah saatnya para ibu hamil berani untuk mendapatkan haknya.
berani untuk bilang “maaf saya sedang hamil, boleh saya duduk di tempat prioritas”
saya mengerti, sangat sulit untuk memulai berani,
saya juga baru berani saat usia kehamilan saya 2 bulan
jangan remehkan usia kandungan yang masih muda
justru itu masa yang paling rawan
ini untuk kenyamanan bayi yang ada dalam kandungan anda
sesuatu yang tidak seharusnya anda pertaruhkan hanya karena takut meminta tempat duduk yang sudah menjadi hak anda.
buatlah tempat duduk prioritas ini memang untuk anda yang pantas mendapat prioritas.
Merdeka!

Standard

2 thoughts on “tempat duduk prioritas di KRL commuter line Jabodetabek

  1. gw pernah ketemu seseorang di Busway yang begitu baik nawarin kursi padahal jelas2 si cewe ini dateng duluan dan posisi kursi kosong pun deket banget ke dia dibanding ke gw. Gw gak pernah tau kenapa dia begitu baik sampai dia buka percakapan “berapa bulan Mbak?”

    *padahal saat itu Queen udah umur 5 bulan lagi belajar tengkurep..

    • fita fita says:

      Ehem what an awkward situation ya kiiii hahahahahaha tuhh kan berarti muka uki itu keibu hamilan sekali *mencoba menghibur
      Semoga wanita yg memberi tempat duduk itu nanti pas hamil gampang dpt tmpt duduk juga😀
      Jaman gw belum hamil Dan sedang menggalakkan pemberian kursi bagi yg hamil juga sering ki salah Dan dgn juteknya dia bilang: emang perut saya kaya lagi hamil😮

Leave a Reply

