Uncategorized

hypnobirthing

asalnya, saya ga tau kalau begitu banyak istilah dan technologi dalam melahirkan. selama hamil awal, saya melakukan hal yang saya janji tidak akan lakukan lagi jika insyaallah Allah kasih saya kesempatan untuk hamil kedua nanti.
semoga apa yang saya lakukan sekarang di trimester kedua menyembuhkan “luka hati dede bayi” yang saya kasih sama dia selama trimester pertama.
dosa apa saja yang saya lakukan?
1. saya tidak mempercayai kemampuan saya, dan terutama tidak mempercayai kemampuan bayi yang ada di perut saya.
2. saya mudah sekali khawatir dan dipenuhi ketakutan yang membuat saya sering mimpi buruk, padahal ternyata pada umur minggu tertentu bayi sudah bisa bermimpi dari apa yang si ibu rasakan😦
3. saya tidak memaksakan diri saya untuk makan sehat, saya terlalu manja dan kalah dengan rasa mual yang hebat.
4. saya jarang mengajaknya berbicara, mengaji, dan membaca cerita.
5. ada beberapa kejadian, salah satunya meninggalnya nenek saya yang membuat saya sangat down, dan beberapa kejadian yang mengikutinya yang membuat saya drop dan ternyata juga membawa pengaruh pada bayi😦
saya berusaha sangat keras untuk merubah semua kesalahan itu sebelum terlambat
memasuki bulan ke lima saya bangkit dan menjadikan bayi saya nomer satu diatas semua yang ada di sekeliling saya
membangun sugesti positif dan membuat lingkungan tumbuh yang nyaman untuk dede bayi di perut saya.
adalah anugerah untuk punya suami yang juga “penyembuh”
alhamdulillah 2 bulan ini saya merasa sangat sehat secara mental dan tubuh pun menyambutnya secara positif🙂
salah satu yang berperan luarbiasa selain suami adalah tambahan ilmu bernama hypnobirthing.
berawal dari membeli buku di gramedia dengan judul “melahirkan tanpa rasa sakit”
saya membeli buku itu karena judul yg eye catchy.
bukan karena saya percaya membeli buku itu bisa membuat saya melahirkan tanpa rasa sakit.
ternyata buku itu tentang hypnobirthing.
metode ini bukan metode seperti uya kuya dengan membakar tisu dan kita passed out tiba tiba bayi di genggaman, tapi kalau yg saya tangkap metode ini adalah untuk mem-boosting kepercayaan diri kita pada diri kita sendiri, bayi kita, alam, dan tuhan.
saya juga masih di tahap belajar, tapi ini sangat membantu, bahkan saat saya kecapean dan mengalami kram perut atau kaki.
kalau kita tenang, mengatur nafas maka kram itu bisa hilang dengan sendirinya lebih cepat dari kalau kita tegang dan histeris.
ada kelasnya, tapi di buku ini juga ada cd nya yang bisa kita dengarkan sebelum tidur.
jujur saya baru dengar cd ini sekali, tapi yang saya tangkap, isinya adalah sesi berbincang bincang dengan tubuh kita.
cara yang bisa dilakukan oleh kita yang muslim adalah sholat🙂
mudah kan ya?
bedanya luangkan waktu sehabis kita sholat untuk tenang, ‘meditasi’ dan berbicara pada tubuh kita dan janin kita.
menanyakan apa yang mereka rasakan dan menceritakan apa yang kita rasakan.
jadikan tubuh dan bayi kita teman yang bisa diajak bicara, dan mereka akan melakukan tugasnya sendiri nutuk membuat diri mereka nyaman.
itu sih yang saya tangkap yaaa hihihi
kalau ilmunya tentu saya harus sekolah dulu
dan untuk tau berhasil pas hari H tentu saya harus ngerasain dulu😀
sekarang sudah masuk minggu ke 27
saya merasa sehat, saya percaya bayi saya pun begitu
dan semua akan baik baik saja sampai one fine day
dimana saya akan bertemu dede bayi dengan cara yang mudah dan membahagiakan🙂
oh ya, referensi sangat bagus yang sangat membantu saya adalah
http://www.bidankita.com/
dan
http://www.gentlebirthindonesia.com/home
have fun all mama to be🙂

Standard

Leave a Reply

