Uncategorized

Memerangi Nursing strike

Saya termasuk ibu ibu yg terobsesi dengan sesuatu yang ideal, siapa yg ngga ya heuheu tapi ini kadang kelewatan. Pengen gentle birth, selalu nge plot grow chart, harus asix, mpasi harus organik Dan alami, kpsp harus oke, Dan harus harus lainnya.
Lucunya saya dihadapkan dengan beberapa keadaan yang mengajarkan saya untuk berdamai dengan semua ideal thing itu.
Sudah ikut kelas hypnobirth Dan booking water birth, ternyata dede bayi lahirnya Caesar. Rajin plot grow chart, salah panik, salah pilih dokter, si anak sampe Di ct scan gara garanya. Dan yg terakhir bencana nursing strike sampai usaha relaktasi yang berujung si anak Di back up sufor. Sigh..
Dan semua kejadian itu membuat saya belajar,
Belajar kalau we can always plan a picnic but would never can plan a weather.
Gagal melahirkan normal, terpaksa Caesar Dan hidup Di lingkungan yg men-judge ga melahirkan normal itu belum afdol jadi ibu bikin saya pengen garuk garuk aspal. Apalagi doktrin hypnobirthing yg bilang betapa traumanya bayi yg lahir dgn cara Caesar, bikin saya diliputi rasa bersalah berbulan bulan. Ini moment belajar pertama saya untuk berdamai dengan kenyataan. Si anak lahir sehat, selamat Dan normal adalah Hal yg terpenting, terlepas dari bagaimanapun cara melahirkannya. Ibu adalah ibu. Ibu bukan perjuangan melahirkan anak ke dunia saja. Ibu adalah perjuangan seumur hidup dalam menjaga, mengasuh Dan mendidik. Itu pelajaran pertama saya.
Pelajaran kedua saya adalah untuk berhenti membandingkan, semua anak adalah unik. Jangan membandingkan anak kita dengan anak orang lain, jangan pula dengan patokan standar, terlalu kurus, terlalu gemuk, terlalu besar, terlalu kecil. Waspada boleh, pengetahuan penting, tapi sebagai ibu kita harus lebih wise, tidak panik Dan belajar meng observasi suatu keadaan secara keseluruhan. Selama anak kita sehat, ceria Dan tumbuh kembangnya baik kita bisa berdiskusi dengan tenaga medis yang kita percayai untuk membahas beberapa Hal yang kita khawatirkan.
Pelajaran ketiga adalah untuk bersabar ahahahaa iniiii sussaaahhh sekaliiii.
Nursing strike adalah keadaan dimana anak secara tiba tiba tidak Mau lagi menyusu secara langsung pada payudara kita.
Penyebab nursing strike bisa berbagai macam. Dari yang bersifat fisik maupun psikis.tumbuh gigi, sariawan Dan bingung puting adalah beberapa kemungkinan penyebab nursing strike yang bersifat fisik. Biasanya bersifat sementara atau hanya beberapa hari saja sampai pemicunya sembuh.
Tapii untuk nursing strike yang bersifat psikis, dibutuhkan waktu yang agak lama Dan kesabaran. Yang kemarin saya alami itu yang bersifat psikis. Kalau boleh saya analogikan, kejadian nursing strike itu seperti tiba tiba diputusin pacar Tanpa kita tau alasannya apa, diputusinnya lewat sms Dan tiba tiba aja si pacar move on saat kita masih nangis nangis Dan berencana lompat dari kasur. Sebagai orang yang masih sangat mencintai tentunya kita akan usahaaaa banget biar bisa balikan lagi. Telp sms lebih sering, membanjiri dengan perhatian Dan cinta Dan meluangkan waktu kita jauh lebih banyak buat dia.syaratnya ya itu harus kuat Dan sabar kalau sms Dan telp kita ga dibales bales, kalau udah dateng ke rumahnya terus dia banting pintu depan muka kita Dan kalau liat dia gandengan tangan mesra sama pacar barunya (bukan ini mah bukan curhat, hanya hasil pengamatan saja :-D). Berikut keterangan dari analogi yg saya buat, telp Dan sms lebih sering itu skin on skin, meluangkan waktu lebih lama itu devoted waktu untuk si anak, sms telp ga dibales itu saat si anak cuek aja pas kita peluk, malah melakukan gerakan menolak Dan menjauh, gerakan banting pintu itu gerakan memalingkan muka, tutup mulut, dengan variasi nangis kejer saat kita sodorin payudarašŸ˜„
Indeed its a very heart breaking moment. Yg saya rasakan saat itu adalah depresi, marah, sedih, takut, all the negative energy yg bikin keadaan jadi makin parah. Pingin resign adalah satu satunya yg terlintas dalam pikiran saya. Tapih cicilan tabungan haji mamah sama bapa menuntut saya mencari cara lain. Hanya satu jalan, relaktasi. So here we go the journey.
Langkah pertama adalah ‘mengikhlaskan’ arslan untuk sementara Di back up sufor, sempat terpikir cari donor asi, tapi hasil diskusi sama suami sih katanya itu langkah egois, tentu banyak yg jauh lebih membutuhkan, seperti bayi bayi dibawah 6 bulan yg sakit parah, dirawat, kurang gizi,or worst, ibunya ga ada. Persentasinya asi sufornya 50-50 waktu stock masih Ada tapi sempat full sufor 2 hari waktu puncak asi ga keluar Dan stock abis.
Langkah kedua adalah ber strategi pdkt sama arslan lagi supaya dia Mau nenen lagi. Nursing strike sempat membuat asi saya tidak keluar sama sekali selama beberapa hari. Saya jadi sempet takut ngajak arslan nenen lagi, ga tega dia nangis kejer karena asi saya ga keluar. Saat ini dukungan dari suami sangat dibutuhkan, untung suami full support untuk perihal asi ini, sampai akhirnya Di hari keempat relaktasi, si anak Mau nenen lagišŸ™‚. Ini strateginya untuk kita menghadapi nursing strike.
1. Jangan Mau kalah. Hadapi dgn gagah berani si nursing strike ini.
2. Jangan memaksa si anak, dekati pelan pelan, skin on skin, ajak bermain, guling guling, manja manja, lakukan sambil kita tidak pake atasan, topless hihi Ati ati masuk angin yah.
3. Sayang sayangan sama anak Di dalam kamar sejuk Dan remang remang, nyanyikan lagu, bacakan doa, ajak bercerita.
4. Saat anak menolak Dan mendorong tubuh kita menjauh dengan variasi nangis kejer. Jangan paksa anak dengan terus menyodorkan payudara kita, even worst jejelin puting kita ke mulut. Itu akan membuat trauma pada anak makin parah. Kendalikan emosi kita, tarik nafas, dekap anak dengan hangat, tenangkan tangisannya, saat mulai mereda baru tawarkan payudara kita.
5. Syukurilah setiap tetesan yang keluar, insyaallah Allah akan mencukupkanšŸ™‚
Sekarang nursing strike arslan sudah sembuh. Relaktasi masih dilanjutkan sampai nanti semoga aja arslan ga perlu Di back up sufor lagi. Hubungan Kami (saya Dan arslan) makin mesra, kaya umumnya pasangan yg clbk. Jadi untuk ibu ibu yg mengalami nursing strike. Semangat…badai pasti berlalu :-*

Standard

2 thoughts on “Memerangi Nursing strike

  1. Pengalaman mbak sama kyk saya, bela2in cari info hypnobirthing sampe beli buku+cd, rutin senam hamil, prenatal yoga bareng suami, nungging tiap saat, ehh ujung2nya lahiran caesar. Awal melahirkan masih bisa senyum, begitu pulang rumah baby blues melanda sampe hampir sebulan kumat2an trs. Saya juga pernah ngalamin nursing strike jg mbak, gegara bayi saya dikasih asip lewat dot soalnya kalo lewat cupfeeder malah banyak yg tumpah2, bayi saya aktif banget tangannya. Malemnya rewel melulu, disusuin gak mau, maunya digendong model kangguru (kayak kalo kita puk-puk bayi abis nyusu) sampe tidur, untung paginya mau nyusu lagi. Memang jadi ibu idealis itu gampang2 susah, yang penting anak sehat, normal dan ceria udah sueneng banget

    • fita fita says:

      iya bangettt mbaa, thank you udah sharing yaaa…semoga anak anak kita tumbuh jadi anak anak kuat yang selalu sehat dan bahagia :* salam kenal mbanyaaa hehhee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s