Uncategorized

Pertolongan pertama untuk panas kejang pada anak

Hari sabtu kemarin, perayaan ulang tahunnya arslan yg pertama,
Dari jauh hari saya dan suami mempersiapkan semuanyadan berharap ini jadi salah satu ulang tahun yang paling memorable buat kita semua.
Well..it is…
Pagi hari sabtu, arslan yg emang lagi agak anget badannya dan flu rada manja manja pengen digendong terus. Tapi waktu dekat acara ulang tahun dan temen temennya pada dateng arslan mulai semangat 45. Main balon ceria kesana kesini.
Pas acara dimulai pada nyanyi dan tiup lilin arslan masih ceria. Masuk ke permainan dari mc nya, semua anak pada berdiri, arslan terlihat agak pucat, tiba tiba arslan teriak dan kejang.
Saya dan suami yang panik malah cuma bisa minta tolong dan kebingungan, sambil meluk arslan, neneknya langsung ngambil arslan dari gendongan saya, masukin jari ke mulutnya arslan dan lari keluar. Tanpa sendal. Saya dan suami lari di belakang.ga inget ada mobil, ga inget ada motor, cuma lari sampai dokter yang jaraknya sekitar 200m dari rumah.
Arslan dibuka bajunya, dioles alkohol dan di kasih obat anti kejang. Ga lama arslan mulai tenang, menangis, lalu tertidur.
Sebenarnya saya pernah baca tentang apa yg harus kita lakukan kalau anak kita demam aau the worst casenya kejang
Tapi saat itu terjadi, boro boroooo inget
Dan ini saya tulis untuk ibu ibu jaga jaga aja, apa aja yang harus ada di rumah untuk menanggulangi kemungkinan terjadi kejang pada anak dan apa yg harus kita lakukan.
Demam adalah hal paling umum yang terjadi pada anak, tidak selalu menandakan penyakit, atau infeksi virus dan bakteri. terkadang semacam alarm untuk memberi tau ada sesuatu yang terjadi dalam tubuh. Demam juga kadang datang saat anak mau tumbuh gigi. Panas tinggi yang disertai kejang, sering dialami anak pada umur antara 6 bulan sampai 3 tahun. Biasanya jika ada turunan ibu atau bapa yang dulu panasnya kejang maka kemungkinan anaknya mengalami hal yg sama lebih besar.
Berikut ini adalah pertolongan pertama obat atau apa saja yg harus selalu ada di rumah untuk mengatasi demam.
1. Paracetamol, merknya bisa macem macem ada sanmol, ada proris, tapi obat turun panas ada di peringkat kesatu sebagai obat yang harus ada di rumah.
2. Termometer, panas pada anak tidak bisa dikira kira pake punggung tangan atau pake perasaan. Toleransi tingkat derajat demam pada anak berbeda beda, umumnya anak disebut demam saat panasnya 38 derajat, beberapa anak bisa tetap main dan tidak rewel walaupun demamnya sudah 39 derajat, tapiii beberapa anak seperti arslan yang kemarin saat kejang panasnya masih 37.8
3. Obat anti kejang, untuk obat anti kejang diperlukan resep dari dokter. Obat ini penting untuk ada walaupun anak kita belum pernah panas kejang sebelumnya, ada yang bentuknya bubuk dicairkan, ada yang berbentuk vairan yang dimasukkan lewat pantat. Sekarang saya punya 3 benda ini di kulkas rumah dan semoga ga pernah kepake karena arslan selalu sehat sampai nanti, aminnnnn.

Apa saja yang harus dilakukan saat anak kita kejang
1. Hal terpenting dan termustahil yang kita harus lakukan adalah..tenang dan jangan panik. Ya saya ga bakal terlalu komentar karena saya juga ga bisa begitu but at least try your best to keep calm🙂
2. Baringkan anak di lantai atau ditempat yang cukup luas, beri si anak ruang untuk mengambil oksigen semaksimal mungkin.
3. Miringkan tubuh anak
4. Masukkan jari kita kalau si anak belum punya banyak gigi atau sendok yang sudah dibalut kain kedalam mulut anak agar anaj tidak menggigit lidahnya dan supaya kita tau apakah anak masih kejang atau sudah mulai bereaksi
5. Buka bajunya
6. Berikan segera obat anti kejang
7. Hitung berapa lama si anak kejang, apakah kejang berlangsung beberapa detik atau sampai beberapa menit, hal ini untuk mengetahui berapa besar efek si kejang pada anak
8. Setelah anak tenang, langsung bawa ke dokter untuk mengetahui penyebab dan apakah memerlukan perawatan lanjutan

Mitos tentang kejang
1. Balur anak dengan alkohol. Dokter pertama yang saya sambangi karena paling dekat dari rumah itu, memberikan alkohol pada seluruh tubuh arslan, membanjurnya malah kana banyaknya alkohol yang dia kasih. Belakangan saya tau bahwa ini tindakan salah dan berbahaya. Perbedaan suhu yang ekstrim yang diberikan oleh alkohol bisa memberi efek bahaya. Selalu kompres anak dengan air hangat saat anak kita panas demam. Jangan dengan air dingin apalagi alkohol.
2. Kopi. Saya belum pernah nyoba soal ini tapu banyak yang nyaranin ngasih kopi item sau sendok the untuk diminum anak supaya ga kejang. Mungkin efek kafeinnya yang menenangkan.

Semoga yang saya tulis ini bisa membantu ya, awasi juga jika anak panas disertai diare dan muntah. Selalu jaga agar anak tidak kekurangan cairan. Anak akan susah makan dan ga mau minum kalau lagi demam, kalau ini berlangsung lebih dari seminggu dari periksa terakhir berarti anak harus dibawa lagi ke dokter. Demam biasanya turun di hari ke 3-5 dan reda di hari ke 6. Jika anak kita demam tinggi di hari sabtu berarti minggu adalah hari ke 1 dan seterusnya.

Semoga anak anak kita selalu sehat selalu ya mamaks sekalian🙂

Standard

18 thoughts on “Pertolongan pertama untuk panas kejang pada anak

    • fita fita says:

      alhamdulillah nggun, udah biki rumah kaya kapal pecah lagi😀, thifa juga sakit ya, uhh mungkin kejadian ini nyuruh ibu ibunya belajar buat ga panik kalau anak sakit yaa🙂

  1. Fita TFS….selama ini Queen blom pernah demam sampe kejang, semoga ga sampe mengalami deh, karena pasti yg ada ibunya panik..huhuhu…
    Semoga demam kejang ini ga kealamin lg sama Arslan ya…sehat terus ganteeng…

  2. Valenzo says:

    bener bu.anak saya jg Klu pnas kejang.jg disaranin bidan Pke alkohol tp ada yg bilng hrus Pke air hangt.kdng bingung

    • fita fita says:

      rasanya kalau menurut penelitian terbaru, lebih baik kompres hangat dibanding alkohol ya, karena perubahan suhu yang drastis juga bahaya buat anak, pake alkohol itu kan tujuannya untuk “menurunkan” suhu secara cepat. tapi correct me if i’m wrong ya🙂

  3. rosita says:

    assalamualaikum,,,, mba sekarang anak aku gitu dah mengalami 2 kali kejang kalo panas…rasanya panik banget kasihan juga sama anak saya, skrg kt dokter suruh berobat terus2an.

    • fita fita says:

      mba, waktu anak aku kena kejang yg kedua,
      aku minta dokternya kasi obat stesolid sirup,
      bedanya dengan stesolid yang biasa kita pake kalau anak sudah kejang, yg disuntik dari pantat itu, kalau obat yang ini bisa dikasih sebelum anak kejang, untuk jaga jaga. semoga si obat tidak akan pernah terpakai sihhh. semoga anak kita sehat selalu ya mba🙂 makasih udah mampir…

    • tya dwi kirana says:

      Assalamu’alaikum. Bunda2 semua mksh buat informasi’y, yg nama’y panik memang ga bisa d duga2 bunda walaupun sudah pernah mengalami yg pertama sebelum’y. Anak aku Naufal usia 26bln ini udh yg k 2x’y mengalami step dan aku panik sepanik2’y bun krna ga tau hrs bagaimana melihat anak kejang seperti itu, walaupun yg pertama udh terlewati tp panik itu terulang lg d saat melihat anak kejang2. Sedih ga kebayang saat melihat anak kejang2 tak berdaya :”(. Ini jd pelajaran bunda2 jgn sampai seperti saya mengalami kejadian ini sampai 2x😦. Semoga Naufal sehat2 ajj & semoga anak bunda2 yg lain selalu d berikan kesehatan oleh Allah SWT, amin yra

      • fita fita says:

        Amin bundaaa terimkasih sharing nya yaa kita harus kuat dan semangat agar anak kita nya juga selalu sehat dan tumbuh jadi anak yang kuat sampai nanti :* makasih udah mampir ya mbanyaa🙂

  4. intan says:

    Terimakasih artikelnya, kalau boleh sy tambahkan sedikit, kopi pd anak step itu tdk baik, hanya akan membuat anak sulit unt tidur dan akan sangat gelisah, sepengetHuan saya tidak dibenarkan kopi pd anak step.

    • fita fita says:

      pemberian kopi itu kebanyakan dari mitos orangtua jaman dulu ya mba, biasanya kakek sama neneknya tuh yang ngasih hehe. makasih sharingnya mba🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s