Uncategorized

Japan in a glance

ahh ya, well i admit it,

i’m so bad at doing some travel writer,

jadiiii karena banyak yang nanya tapi saya masih belum punya waktu buat nulis secara detail, saya bikin rangkuman tentang apa aja yang harus diperhatikan pas kalian punya rencana pergi ke jepang ajah yah😉

first thing to do…

You really have to know where you want to go. How to get there and how long will you stayed

Pergi keluar negri terlalu mahal kalau kita pergi tanpa perencanaan matang. Every minute count

Do your research, setiap orang punya ketertarikan yang beda beda, jadi menurut saya sih itenerary itu ga bisa disamain.

Make your detail itenerary, untuk ke jepang ini saya buat itenerary per lokasi mana aja, berapa lama dan how to  get there per hari. Udah ngeresa detail gitu aja masih nyasar loh hahahha.

Kita ada di tempat baru, bahkan nyasar pun akan jadi kegiatan yang menyenangkan. But think again. Kalau kita punya waktu terbatas dengan keinginan besar maka nyasar akan jadi kejadian menyebalkan yang merubah mood.

Be rational, sesuaikan keinginan dengan budget dan waktu yang tersedia.

Dont buy a thing, buy an experience, saya dan suami membeli tiket perahu 3800 yen per orang atau sekitar 406.000 IDR waktu di arashiyama, tapi itu jelas jadi pengalaman yang sangattt sangat menyenangkan.

Pastikan kita tidak salah kostum, pastikan kita tau lagi musim apa dan berapa temperatur rata rata harian selama kita disana. Waktu kesana saya pas musim semi, pikiran masih 12 derajatan, ternyata rata rata 9-12 dan lebih sering 9 derajatnya. Saya juga kan ga bisa kira kira ya 9 derajat itu segimana jadi yaaaa lumayannnn, kadang saya pake 3 lapis baju karena saya kira dinginnya masih kaya di pangalengan mahahahha hasilnya saya banyak terlihat bengkaakkk  di poto (padahal aslinya juga emang udah bengkak)

Bawa peta, peta daerah, peta subway, peta bus hahahhaa pokonya berdamailah dengan peta. Pelajari peta sejak kita masih di indonesia. Tandai dimana hotel kita, kita mau kemana aja, waktu pagi pergilah ke titik tujuan terjauh dan terus mendekat ke arah hotel, jadi pas malem kita merasa lebih aman dan ga terlalu lama di jalan buat nyampe hotel dan beristirahat. Udah banyak sih sistem navigasi yang terpasang di HP dan bisa kita manfaatkan, tapi karena mahal koneksi internet maupun paket bundelannya, yah mendingan si uang dipake buat hal lainnya yaa.

Kalau tujuan kita ke jepang, tau stasiun terdekat dan memastikan kita keluar di pintu keluar yang benar adalah hal yang sangat sangat penting. Apalagi kalau bawa bawa barang. Ngok aja deh kalau kita asal jalan cari tanda exit. Di jepang di satu stasiun kereta bisa ada sampai 10 jalur, sub way, rapid, local, private, express. Semua ada petunjuknya, tapi kita harus teliti karena si jalur ini ga segembreng ada 10 berjajar tapi bertingkat, kadang kita harus turun ampe 3 kali kebawah ahahahaha (tertawa ngilu inget pernah nyasar di satu stasiun ampe hampir sejam).

Jaga mood kita sebaik mungkin, kecapean ada di peringkat satu perusak mood, jangan sampe kegiatan jalan jalan kita rusak gara gara mood kita jelek. Jaga komunikasi yang baik dengan rekan perjalanan kita, kalau kita cape, laper, keberatan bawaan atau pengen lebih lama di satu tempat, coba komunikasikan biar ga dongkol sendiri hehehe.

Bawa anak? Bisaaaa. Tapi menurut pendapat saya sih, akan jauh lebih baik kalau kita bawa anak saat si anak sudah bisa diajak berkomunikasi. Jadi dia bisa mengkomunikasikan kondisi tubuh yang dia rasakan, apakah dia kedinginan, kecapean, kelaparan, kepanasan dll. Pas anak 3 taunan kali ya minimal. Saya sempet liat banyak bayi sih, tapi rata rata yang bawa bayi adalah bule yang kayanya udah ga kaget sama cuaca empat musim, dan cukup mapan untuk bisa naek taksi saat si anak mulai tidak nyaman.

Toilet di jepang? Bersih, nyaman, aman dan…..gratis. selama saya di jepang saya ga pernah nemu satu toilet pun yang bayar. Di beberapa stasiun besar  kita akan menemukan bagian toilet biasa, toilet dengan tempat ganti baju kering, toilet dengan tempat duduk untuk balita (buat ibu ibu yang belanja sama anaknya yang balita terus dia pengen pipis, si anak bisa duduk manis sebelah toilet si ibu), dan powder room, yes meja dandan lengkaaappp pake hairdryer.

Hotel? Hostel? Ryokan? Berapapun budget anda, jangan khawatir menginap di jepang. Mereka itu bersihan banget jadi walau ambil hostel murah pun ga perlu khawatir si kamar akan jorok atau kotor, paling kecil dan sempit, kalau itu sih cing cai lah yaaa🙂 biayanya standar mungkin kita siapin 1juta semalam ya, mungkin bisa lebih murah kalau kita ambil dorm atau capsul hotel, tapi paling aman dan moderat sih kayanya yang sejutaan itu. saya sempat nginap di apartemen sewaan, harganya sekitar 1 jutaan semalam, walaupun ukuran kamar keseluruhan hanya 12m2 tapi semua fasilitas yang penting kaya penghangat/ac, kamar mandi private, microwave, ketel dll buat masak dan mandi lengkap🙂 coba cek my stays hotel aja, jaringannya luas dan tersebar di seluruh tokyo.

Orang jepang, adalah orang orang paling ramah yang pernah saya tau, jangan khawatir nanya arah atau minta tolong sama orang jepang, se ngga bisa bisanya mereka bahasa inggris, they will find a way to  help us. Selama di jepang saya pernah dibantu seorang ibu di stasiun yang padahal arah kita berlawanan sampai saya selamat naik kereta yang benar dan pintu nutup terus dia dadah dadah. Saya pernah dibantu bapak bapak malem malem saat dia mau berangkat kerja shift malam sampai tempat tujuan bahkan dia bantuin suami saya bawa koper saat kita harus naik tangga yang tinggi. Saya pernah dibantu anak muda cakep yang baru pulang kerja dengan jas dan i pod ditelinganya, dan dia mau bersusah susah melepas i podnya mengajak saya ngobrol dan berputar ke arah lain jauh banget sampai kita sampai ke stasiun yang benar. Saya juga pernah dibantu ibu ibu yang lagi jalan jalan sama suami dan anaknya sampai dia bikin tulisan di kertas yang ternyata isinya, “wanita ini ingin membeli tas anpan man untuk anaknya, saya pernah meliihat tas tersebut di nishimatsuya, tolong tunjukkan arah nishimatsuya untuk wanita ini” dan dia terus terusan minta maaf karena ga bisa anter saya sampai nishimatsuya. Terharu😥

So what are you waiting for?

Just book a flight and fly🙂

Image

Standard

3 thoughts on “Japan in a glance

  1. fitada ihhh kabitaaaaa, suka tulisannya, ngegambarin kondisinya detail jadi sambil ngebayangin yang bakal dihadepin klo lagi ke sana…,,,, what am i waiting for? anak gedean fit hihi… :p

Leave a Reply

