Tips tips, traveling

Tips ajak anak jalan jalan

Sebagai orangtua amatiran yg baru sekali berhasil ajak anak jalan jalan setelah membuang satu ticket jepang dua ticket singapur Dan membuat si anak masuk rumah sakit Dan di RAWAT saat “liburan” di jogja sekeluarga besar saat itu membuat rencana ngajak arslan jalan jalan kemarin menjadi sangat menegangkan.
Lebih bikin tegang lagi Karena persiapan ga perfect banget, padahal biasanya pergi bedua aja saya Dan suami selalu super well prepared.

Tulisan ini lebih seperti pengingat buat saya Dan suami untuk perjalanan selanjutnya, jadi tulisan akan dibuat per point. Tips ini akan saya buat segeneral mungkin, alih alih bikin tips bawa anak cowo super àktif ga mau diem susah makan Dan moody an saya pilih judul yg lebih sederhana seperti diatas:

Jadi apa aja yg perlu diperhatikan?
1. Pilihan moda transportasi Dan waktu keberangkatan
Pilih yg paling cepet nyampe atau kalau itu terlalu mahal, pilih yg paling bikin anak nyaman. Waktunya jangan terlalu pagi atau malam, mending siang Dan pastikan si anak sudah makan, untuk menghindari anak masuk angin atau sakit, Karena kadang kalau terlalu excited anak akan lebih susah dikasih makan.
Jika pilihan moda transportasi anda rajin delay, ingatlah untuk selalu membawa minum, Dan cemilan untuk anak untuk jaga tubuh anak tetap ter hidrasi dengan baik.

image

2. Obat obatan pribadi anda Dan anak

Biasanya obat yg saya bawa Tolak angin, obat pusing, obat gatal/alergi, obat sakit perut Dan salep kulitnya arslan yg gampang ruam ruam kalau kepanasan. Bawa kayu putih juga sama hansaplast.

3. Pilihan tempat menginap

Pilih tempat menginap yg child friendly. Ga harus hotel besar yg ada kolam renangnya, cukup yg bersih, yg kamarnya dibersihin tiap hari Dan nyaman lingkungannya. Kemarin kita menginap di greenhost prawirotaman, and its fun! Ada rooftop dan green housenya jadi sekalian bisa edukasi anak anak juga.

image

image

image

image

4. Pemilihan tempat tujuan jalan jalan

Perhatikan durasi berapa lama kita liburan, ada apa saja disana? Mau kemana saja? Berapa lama alokasi waktu tiap lokasi.
Penting untuk diperhatikan, jam Dan hari operational tempat tujuan kita.
Melihat pengalaman kemarin, idealnya adalah dua lokasi saja perhari.
Kenapa? Agar anak ga cape, jaga kesehatan anak biar ga sakit, Dan ini paling penting….jaga mood kita….kalau kecapean, mood salah satu Dari kita jelek….udah deh

image

5. Bagaimana agar anak tidak bosan di jalan?

Jangan kasih game….anak harus belajar menikmati perjalanan….tipsnya ajak anak ngobrol, ceritakan mereka sekarang ada dimana, mau kemana, ada Apa disana, kita akan ngapain aja disana….kita biasanya ajak arslan Baca Peta setiap pagi sebelum berangkat, itu Bantu banget buat bikin anak tertarik Dan menikmati perjalanan. Google map, street view, Waze….sakti sekali bikin si anak ga bikin “kekacauan” di jalan.

6. Jangan underestimate anak
Kadang kita suka mikir saat cari tujuan wisata, dia suka ga ya? Dia enjoy ga ya ketempat kaya gitu? Dia bosen ga ya?
Anak pada dasarnya akan suka semua tempat asal ya itu Dari awal di briefing dulu tentang tempat yg akan dia datangi…jadi dia akan lebih excited dan ga datang dengan”kepala kosong”….pas sampai biar dia eksplor sendiri…bangun keinginan dia buat bertanya tentang banyak hal…contoh anak udah tertarik adalah saat mereka mengingat apa yg dia dengar dari cerita dengan apa yg dia liat langsung tanpa kita ceritakan lagi…contoh saat dia bilang ” Itu gunungnya yg papah ceritain itu ya?” Berarti misi kita berhasil untuk membuat dia menikmati jalan jalannya.

image

image

8. Last but not least

They are your traveling partner…ajak mereka diskusi, dengarkan keinginannya, jangan lihat mereka sebagai anak kecil yg tidak tau apa-apa. Mereka partner kita, mereka lah yg membuat apa yg kita lihat Dan rasakan berbeda 😄

image

Standard

One thought on “Tips ajak anak jalan jalan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s