rumah

tentang membeli rumah baru atau second

punya rumah sendiri adalah cita cita hakiki setiap pasangan suami istri

begitu pun kami, dulu punya rumah imut, rasanya bahagiaa sekali, beli di developer, ditongkrongin dari jaman masih tanah, di renov, di cantik cantikin, luas tanah cuma 72 juga berasa 92 kalau sama kamu.

pas mau beli rumah di bandung, banyaakkk banget pengenannya.

di tengah kota, halaman depan belakang, luas, banyak pohon, kolam renang, kandang kuda, taman gantung babilonia sama peternakan sapi ihihihihihi maklum kaannn namanya juga BPJS, Budget Paspasan Jiwa Sosialita

pertanyaannya, dimana rumah model begitu….pake apa bayarnya….

rumah itu sebenarnya masalah prioritas

apa yang jadi prioritas kategori kita saat cari rumah, dan apakah kita siap menempatkan prioritas bayar cicilan rumah diatas pengeluaran lainnya

waktu masih idealis dulu, tentunya saya pingin rumah baru, iya kalau rumah lama takut ada hantunya, dilalah rumah baru juga bisa ada hantunya

dulu saya mau sistem cluster kecil model townhouse biar gaya, gapapa jauh juga

setelah semua pengalaman berharga di rumah pertama, rumah kedua ini cuma punya satu kriteria, deket – rumah – mamah

maklum aku kan anaknya manja…mandi jarang (idih garingannya taun 90an banget deh)

cari rumah baru = jauh dari pusat kota, ada sih yang deket tapi ga mampu bayarnya

mau rumah dekat pusat kota tapi cari yang mampu kita bayar harganya = rumah second, dengannn semua kelebihan dan kekurangannya

beli rumah second harus siap dengan beberapa hal:

  1. teliti sama surat surat, sekarang kalau mau KPR kita harus nyerahin IMB bangunan yang mau kita beli, masalahnya ga semua rumah lama punya IMB. cek juga pajak pajaknya, apakah dia suka bayar pajak atau ngga, karena lumayan ribet banget kalau kita harus ngurus pajak pajaknya juga. dan tentunya cek akta jual beli dan sertipikatnya apakah atas nama orang yg bersangkutan atau kita urusan jual beli sama anak warisnya, karena ribet banget juga kalau kita udah masukin dp taunya salah satu ahli waris ga setuju.
  2. teliti sama kondisi rumah, menyadari kalau rumah yang kita beli adalah rumah second yang pasti punya kekurangan, masalahnya apakah kita menerima semua kekurangannya, rumah bocor mungkin mudah kita terima, bisa dicari solusinya. tapi kalau rumah langganan banjir? atau banyak rayapnya? atau banyak hantunya?
  3. siap budget lebih untuk renovasi. apakah renov primer karena emang ga livable kalau ga di renov dulu, atau renov sekunder karena rumahnya kurang “kita banget”. keduanya sama sama membutuhkan budget lebih. apalagi yg namanya renovasi rumah, kaya orang yang pacaran, dimana aku selalu kurang dimata kamu. benerin kamar mandi, melipir ke dapur, melipir ke balkon, melipir ke garasi, teras, tambah ini tambah itu kuraanggg mulu, biasanya renovasi hanya berhenti saat uangnya memang tidak ada lagi.

jadi apa dong tips nya kalau mau beli rumah second:

  1. tentukan satu kriteria prioritas, stick with that one. misal kriterianya adalah lokasi, atau nama daerah tertentu, atau luasan tanah tertentu, jangan terburu buru, rumah ada jodohnya.
  2. menyadari kemampuan membayar cicilan, syukur syukur kalau mampu bayar cash. tapi kalau KPR perhatikan berapa cicilan yang memang sanggup kita bayar perbulannya tanpa mengorbankan kebutuhan lainnya.
  3. pilih rumah yang paling sesuai dengan kepribadian kita, jadi ga perlu major renovation. kalau rumah mau dibagusin kan lebih mudah dibanding bikin rumah jadi sesuai sama kepribadian kita.
  4. perhatikan kondisi lingkungan sekitar, terutama pertimbangkanlah tumbuh kembang anak, apakah lingkungannya nyaman untuk anak anak kita main dan tumbuh dengan riang gembira, apakah ada ruang untuk anak kita bisa berlari atau bersepeda dengan nyaman.atau apakah lingkungannya cukup aman, agamis dll

jadi rumah baru atau rumah second? tergantung….situasi kondisi dan toleransi

 

Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s